KARAWANG HERITAGE

on Minggu, 16 Mei 2010

Haiyooo...apa haiyoo... gambar yang and lihat disamping ini bukanlah sisa-sisa reruntuhan suku aztek. Dan yang jelas bukan juga taman ria (jauh banget). Yang ni adalah candi Blangbongan, yups situs candi Blangbongan. Guess what? Situs ni berada di KARAWANG, di kab. Batujaya. Sedikit info, yaaaa...sekitar 30 menit lh dari rumah saya naik motor.
Situs ini Cuma satu dari katanya 24 situs candi yang lainnya. Kata kuncen (yang ngejagain), baru 10 lokasi yang digali dan diteliti dari 24 yang ada disini. Tapi yang baru dipugar cuman 2 buah candi, yang sudah rampung pemugarannya tuh Candi Jiwa, sedangkan yang masih dikerjain pemugarannya adalah bernama Candi Blandongan candi yang di atas ntu.
Dengan banyaknya situs candi di daerah ini, mestinya kalo cerdik dan cerdas bisa aja ni tempat menyaingi kemegahan dan ramenya candi borobudur tapi. Heheeu...kondisinya sih bu, masih compang camping gitu, situs ni gak lebih dari sekedar objek tapak tilas buat edukasi aja. Tidak jauh dari sini apalagi ada pantai pakis jaya yang emang udah tersohor dan tetap jadi tujuan utama kalo ke daerah ni. Plus, tau gak ni candi th sebenarnya udah belasan taun, dari pertama kali pada 1984 oleh tim arkelogi Fakultas Sastra Universitas Indonesia. Kemudian dipugar tahun 1996. Gila kan sampe sekarang masih compang-camping aja. Selidik-selidik seh, proses pelepasan tanah penduduk yang katanya bisa milyaran (iyalah, orang tanah produktif...di pesawahan lho) Menurut data yang ada, komplek percandian Batujaya memiliki luas 5 hektare dan terdiri dari 24 lokasi candi, kebayang dong biayanya.
Sepertinya emang sejarah tuh kurang begitu menarik untuk jadi tempat wisata sobat, liat aja waktu libut hari raya Idul fitri yang pastinya manusia pada bejibun ke tempat pariwisata, namun pas saiyah ke situs ni waktu hari raya Id, sepi-sepi aja tuh.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

yaaa...kayak gitu

BLOGnyaRONA mengatakan...

bner kan! klo gtu..mari para pemuda Karawang

RSS Subscribe

LinkWithin

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails

tamu


ShoutMix chat widget
Get cash from your website. Sign up as affiliate.