FUN WITH JAPANESE

on Jumat, 21 Mei 2010

akhirnya belajar bahasa jepang lagi dirikuwh. heheeeu...dan sekarang pemikiran tentang jepang dan huruf2nya yang susah dihafal dikesampingkan dulu. soalnya yang satu ni pengajarannya beda! dan yang jelas gak perlu merogoh kocek buat ikutan. heheheeeeu...

pas pertama kali belajar si senpainya bilang"we're gona learn in more easily in full japanese, no other language than japanese". waduh melohok lah kita (yang ada dikelas ntu), bukan karenasi sempainya juga pake bhs inggris (ntu mh terjemahan dari apa yang dibilang si sempai), tapi karena blum apa2 kita langsung wajib ngemeng dengan bhasa yang asing itu.

trus gmn ngajarnya??
nah ini yang seru, ternyata terdapat praktek, ups...kuis terselubung. pengajaranya pake kuis, games dan lainnya.
pertama, kita dikasi selebaran gabar anak SMP(no fence) tentang suatu tema, misal pada pengajaran pertama kita disuguhin gambar kebun binatang. sayang kita gak dikasih alat mewarnai, bukan kelas menggambar seh. nah disini si sempai ngasih tau petunjuk pemakaian(kayak obat), kita semua pada maintebak2an. jadi si senpai bakal ngasih clue dalam bahasa jepang atpi pastinya kita dibekali dulu beberapa kata dasar buat permainan ni, seperti benda, hewan, tumbuhan dll.

yang rame ngeliatin si senpai ngasih clue dengan mimik dan gestur plus pengucapannya dalam bahasa jepang. contoh, ichiban wa, (nomer 1)... Usagi, nah dia nanya ada yang tau gak? kl ada dia minta yang tau ntu ngejelasin sengan beberapa model kata yang dia tau. kalo kagak,ya si senpainya yang ngejelasin. gini "usagi wa dobutsu(lupa lagi maksudnya hewan), mimi wa nagai desu(telinganya panjang), " dengan sedikit konsen, pasti gak sulitlah nyariin hewan yang telinganya panjang.

setelah banyak kata yang ada di gambar tersebut dikupas, dilajutkan dengan latihan2. seperti nyebutin lagi kalo usagi th apa, inu tuh yang kayak gimana, saru tuh punya berapa kaki. dan tanpa sadar kita bisa langsung ngerti dan mengucapkan bahasa jepangnya, menirukan kata-kata clue dari si senpai. wah beneran, kita semua emang akhirnya gak pake bahasa lain selain jepang.

dan kalo diitung itung, dalam satu pertemuan saja lebih dari 40 kata baru yang bisa dipelajari malah diingat. ternyata, emang kalo suasananya menyenangkan, belajar-pun terasa gampang. waktu dua jam gak terasa sama sekali, saking senengnya malah terasa kurang..heheu,

Tidak ada komentar:

RSS Subscribe

LinkWithin

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails

tamu


ShoutMix chat widget
Get cash from your website. Sign up as affiliate.