3X12=CAPEK

on Selasa, 27 Juli 2010



Dari judul diatas jelas saya bukan orang dengan basic matematika, tapi saya lulus lho di mata kuliah statistik..heheu, jadi maksudnya apa 3x12=capek??... mungkin anda akan sangat familiar dengan angka 3X12, jika sesekali pernah merasakan latihan angkat berat.

Nah ini dia, sedikit curhat ketika pertama kali saya memberanikan diri mengolah tubuh kering-kerontang. Ketika pertama kali latihan, untungnya si trainernya masih mengerti tentang streching dna mengajari saya, lalu tiba-tiba saya disuruh menggunakan sebuah alat fitness... dan berlatih dengan hitungan tersebut, maksudnya 3 set X 12 Repetisi, artinya dalam setiap set saya harus mengangkat 13 kali beban yang disiapkan. Tapi apa benar 3X12 berarti Cuma 3 set dengan 12 kali repetisi?? Waktu itu, saya masih SMA dan syukur saya sedikit mengerti tentang dunia maya, dan ternyata...hmmmmph... penjelasannya tidak sesederhana itu.
Tidak sedikit para trainer memberikan iformasi bahwa latihan yang benar adalah angkat satu macam beban denganhitungan 3X12. Tapi harus “dikaji” dulu sebenarnya latihan tersebut iru untuk apa? Untuk BULKING kah? Membuat otot otot lebih kencang, singset? Atau Cuma melatih kita mengenal matematika bodybuiler?
3X12 atau 3(tiga) set dengan 13(tiga belas) kali repetisi, repetisi merupakan jumlah beban yang bisa anda angkat. Misal saat anda melatih otot dada dengan bench press, anda HANYA KUAT, MAKSIMAL untuk mengangkat beban hingga hitungan tersebut, dalam cerita ini 12. Bukan berhenti pada hitungan ke12 saat masih bisa mengangkat beban lebih dari hitungan tersebut.
Saya pernah lihat ada angka lainnya semisal 4X8 atau 4X6, apa bedanya? Nah saya masih inget yang dikatakan si Bemo(trainer saya), tapi gak tau dia mengutip dari siapa.. perbedaan antara repetisi itu tergantung dati jenis latihan, katanya “jika jumlah repetisinya sedikit berarti latihan tersebut untuk membesarkan otot, namun jika repetisinya banyak berarti untuk mengencangkan otot”. Syukur deh, saya sedikit mengerti, karena kalau dilihat arti dari repetisi yang dijelaskan tadi, jumlah repetisi yang sedikit(4X6) berarti kita hanya kuat mengangkat beban maksimal sebanyak 6 kali, yang artinya beban tersebut cukup berat. Bisa diartikan juga, beban berat=membesarkan otot, beban ringan/sedang=mengencangkan otot.
Nah, begitu rupanya...lalu 3X12=capek... kata capeknya maskudnya apa?? Yaaa...itu sih pengalaman pertama latihan beban, biasa sepertihalnya pertama kali saya ikut bela diri karena tidak terbiasa otot malah keram, esok pagi pegal-pegal. Ya gitudeh, capeknya...heheeu... berarti segala sesuatu perlu pembiasaan, dan setelah terbiasa kita mungkin bisa menemukan kata pegal tersebut di kamus. (dah gak pegel lagi maksudnya).

Tidak ada komentar:

RSS Subscribe

LinkWithin

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails

tamu


ShoutMix chat widget
Get cash from your website. Sign up as affiliate.